Headlines News :
Home » » Tawaran KAMMI untuk masa depan

Tawaran KAMMI untuk masa depan

Written By blog contoh saja on Jumat, 10 Agustus 2012 | 17.01

Oleh : Ulfah kader Semarang
Berbicara tentang kondisi suatu pergerakan, maka kita berbicara seberapa dalam kita mengetahui sebuah progresifitas dalam konteks kekinian. Pembacaan dalam realitas Indonesia yang sekarang pun erat kaitannya dengan sejauh mana kontribusi KAMMI sebagai organisasi ekstra parlementer, mampu menjadi penyambung aspirasi rakyat. Pasca reformasi sendiri menjadi potret perjuangan KAMMI menjajaki perannya sejak momentum penggulingan rezim Soeharto hingga hari ini.
            Telah 14 tahun lamanya, KAMMI menjadi penyambung lidah masyarakat. Keberadaan KAMMI telah meretas 33 provinsi dan 492 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam rangka merekrut kader dan mengontrol pemerintahan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota diseluruh Indonesia. Hal ini menjadi kekuatan KAMMI secara kuantitas. Sedangkan secara kualitas, KAMMI berupaya secara kontinyu melahirkan kader-kader pemimpin masa depan. Hasil yang didapat pun terlihat di tataran pemerintah bahwa deklarator KAMMI berhasil mengambil peran strategis tersebut.

            Terlepas dari kekuatan KAMMI di pelbagai pandangan, perlu kita mengantisipasi kelemahan yang mungkin menghinggapi organisasi ideologis ini. Berpatokan pada formula kaderisasi, kontribusi kepada masyarakat dan konsistensi kritis terhadap kebijakan pemerintah, maka rekonstruksi gerakan KAMMI perlu digagas secara terpadu. Namun begitu, kiranya perlu KAMMI merangkai seluruh peluang dan potensi masa depan yang menjadi faktor penentu keberhasilan gerakan kita.

            Indonesia dengan segala sumber daya alam yang ada, sumber daya manusia yang unik, kekhasan budaya yang beragam merupakan beberapa contoh peluang yang terus menerus ada dalam realitas kehidupan kita. Point-point tadi memang biasa digemuruhkan dalam beberapa alasan praktis yang dijadikan peluang bagi elemen gerakan atau apapun. Bahkan, pada acara National Leadership Training KAMWIL Jawa Tengah pada tanggal 3-8 Juli 2012 di Wisma Langen Werdhasih, Semarang, diutarakan oleh Bpk. Ahmad Dzakirin dan Budi Sektiyono bahwasannya “ketika Indonesia mencabut hubungan diplomatik dengan seluruh negara kapitalis pun, maka tidak akan membuat Indonesia lumpuh secara perekonomian,dll”. Oleh karena itu, KAMMI sangatlah perlu memodifikasi peluang yang berkesinambungan tersebut menjadi titik tolak menggapai kepemimpinan nasional.

            KAMMI sebagai organisasi amal dan organisasi tauhid semestinya memainkan peran penting dalam mengatur rencana strategis untuk pembenahan Indonesia. Berdasarkan visi dan kesesuaian dengan manhaj 1432 H, jenjang kaderisasi terakhir (Anggota Biasa III) dituntut mampu menjadi idelog muda masa depan dengan kompetensi pendidikan  masing-masing. Asumsi modeling kaderisasi tersebut, mengharuskan lulusan dari Dauroh Marhalah III menjalankan fungsi strategisnya yang bermula dari keilmuan perseorangan.

            Saat ini, KAMMI memandang Indonesia mengalami stagnansi atau kemunduran, dimana secara sistem ketatanegaraan dan berbagai bidang garapan Indonesia begitu lemah secara manajerial. Berangkat dari fenomena tersebut, para ideolog muda (Anggota Biasa III) perlu menggagas format indonesia baru yang rekonstruktif dan menilik dari berbagai aspek. Berikut ini adalah tawaran perjuangan KAMMI dengan titik tekan pada aspek ekonomi. 

            Aspek ekonomi menjadi alasan konkret di masa depan, oleh karena indikator sebuah negara yang kuat adalah dari segi perekonomiannya. Sistem perkoperasian dapat dijadikan solusi yang orisinil, karena tawaran ini merupakan intisari identitas ekonomi Indonesia. Point pentingnya terdapat pada asas yang dimiliki koperasi yang dapat menggerakkan kelompok menengah dan bawah untuk kemudian bisa mengangkat penghasilan masyarakat. Hal ini lah, yang membuat koperasi dengan sistem bagi hasil bisa membuat energi perekonomian Indonesia menguat tajam. 

Sumber : http://kammijateng.org/opini/read/tawaran-kammi-untuk-masa-depan/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template