Headlines News :
Home » » Berinkubasi di KAMMI

Berinkubasi di KAMMI

Written By blog contoh saja on Jumat, 10 Agustus 2012 | 16.58

KAMMI telah menjadi salah satu bagian yang penting dalam sejarah pergerakan mahasiswa di Indonesia ketika berhasil menyatukan gerakan-gerakan mahasiswa di Indonesia untuk bersatu melawan tirani  yang telah berkuasa selama 32 tahun. Peran yang dimainkan waktu itu begitu vital sehingga mampu memaksa sang diktator untuk lengser keprabon. Gerakan mahasiswa yang embrionya berasal dari gerakan masjid kampus ini, dengan didasari semangat memperjuangkan nasib rakyat, mampu menggerakkan aksi masa waktu itu dengan jumlah yang signifikan dan simultan di seluruh Indonesia. Walau pun masih berusia sangat muda sekali.

Dan seiring dengan  berjalannya waktu, saat ini di berbagai unversitas di Indonesia terutama dari PTN KAMMI berkembang dengan pesat. KAMMI mampu menempatkan kader-kadernya di kursi presiden mahasiswa di banyak perguruan tinggi. Mengalahkan gerakan mahasiswa lain dengan usia yang lebih tua.
Seiring berjalannya waktu pula, saat ini KAMMI pun memperluas interkasi sosialnya. Bila di fase ideologisasi, para generasi awal KAMMI lebih banyak membatasi pergaulan. Maka saat ini interkasinya pun dengan siapapun dan dengan pihak manapun. Agar semua bisa merasakan manfaat dari kehadirannya. Termasuk dengan pemerintahan negara lain, karena pada saatnya nanti kebaikan yang KAMMI bawa harus disebarkan di seluruh penjuru dunia, maka bukan hal yang aneh ketika kita mendengar berita PP KAMMI berkunjung ke kedubes negara lain. Karena pada saatnya nanti, KAMMI yang berprinsip persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI, harus mengimplementasikan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah insaniyah, dan ukhuwah alamiyah.

Visi KAMMI adalah jawaban dari kemenangan dan kejayaan Islam di Indonesia. KAMMI harus senantisa melahirkan kader-kader pemimpin yang mempunyai cita-cita yang luhur. Tentu saja, kader-kader yang terlahir di KAMMI harus mampu mepunyai kompetensi sebagaimana profil muslim negarawan yang telah dituliskan, yaitu basis idiologi Islam yang mengakar, basis pengetahuan dan pemikiran yang mapan, idealis dan konsisten, berkontribusi pada pemecahan problematika umat dan bangsa, serta mampu menjadi komponen perekat bangsa dalam upaya perbaikan.

Merebut kekuasaan merupakan agenda yang sangat serius dan berat. Maka dari itu menyiapkan sumber daya manusia yang benar-benar berkompeten saat ini masih dan tetap merupakan hal sangat penting untuk terus dibangun dan dikembangkan.
Kita dan KAMMI

Sewaktu dulu saya pernah bertanya kepada seorang pengurus KAMMI Semarang, tentang hubungan antara KAMMI dengan lembaga-lembaga intra kampus. Jawaban yang beliau sampaikan kurang lebih, bahwa KAMMI ini sebenarnya adalah lembaga takwiniah (pembinaan) bagi kader-kadernya. Dan organisasi intra kampus adalah tempat untuk berkarya.
Waktu itu, akhirnya saya berkesimpulan bahwa KAMMI ini adalah tempat untuk kita belajar. Tempat untuk menguatkan ideologi kita. Tempat untuk mengasah kepahaman tentang cita-cita Islam. Tempat yang memberikan arah kehidupan bagi kader-kadernya.

Dan, seperti yang sudah disinggung  sebelumnya. Bahwa, agenda menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten adalah tugas yang penting untuk dikembangkan. Maka, sudah selayaknya bagi kader-kader KAMMI untuk senantiasa menumbuhkan semangat belajar. Terus melakukan upaya perbaikan, agar nantinya kelak siap untuk menjadi pemimpin di negeri ini.
Selain terus menumbuhkan semangat belajar, hal yang penting lagi adalah senantiasa mendekatkan diri kepada Allah swt. Mengutip apa yang pernah disampaikan oleh ketua umum PP KAMMI, Ust Muhammad Ilyas, Lc., kita harus meningkatkan taqwa kita kepada Allah agar Allah memudakan kita dalam mencari ilmu.

Merdeka Ekonomi Sebagai bagian kecil dari masyarakat Indonesia dan sebagai pemuda yang menginginkan perubahan. Sudah saatnya kader KAMMI berfikir jauh ke depan, maka satu hal yang harus dilakukan kader KAMMI adalah mempuyai kemerdekaan secara ekonomi. Dengan kemerdekaan secara ekonomi maka kita akan mempuyai independensi yang lebih. Dan tentu saja kita harus mampu mengajak orang di sekitar kita untuk mempunyai kemerdekaan secara ekonomi. Agar kita mampu berdaya bareng-bareng bersama masyarakat sekitar.

oleh :
Mahardhika Setyawan
KAMMI Semarang

Sumber : http://kammijateng.org/opini/read/berinkubasi-di-kammi/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template