Headlines News :
Home » » Mewujudkan Visi KAMMI dengan Koperasi

Mewujudkan Visi KAMMI dengan Koperasi

Written By blog contoh saja on Minggu, 12 Agustus 2012 | 20.37

Setelah empat belas tahun berdiri, KAMMI saat ini berada dalam satu fase sejarah yang teramat penting. Fase ketika dakwah Islam mulai masuk dalam lingkaran kekuasaan. Beberapa alumni KAMMI telah berhasil mengambil peran sebagai wakil rakyat, sebagian lainnya juga masuk dalam ranah eksekutif, baik di pusat maupun daerah. Tapi kondisi ini justeru menjadi ancaman serius terhadap masa depan KAMMI. Bagaimana tidak, saat ini publik sudah memiliki persepsi yang kuat bahwa KAMMI adalah “gerakan mahasiswa titipan PKS”. Persepsi publik itu tidak salah, sebab begitulah adanya. Yang salah adalah ketidakmampuan kita dalam menterjemahkan ruang lingkup dan agenda strategis yang harus diambil KAMMI. Sejauh ini (terutama beberapa waktu terakhir) KAMMI konsisten memperankan diri sebagai “perpanjangan tangan kebijakan politik PKS”. Jika kondisi ini terus bertahan, maka KAMMI tidak akan mendapatkan legitimasi publik sebagai gerakan mahasiswa yang independen dan menyuarakan aspirasi rakyat. Memang kita bukanlah sebuah gerakan independen, keberpihakan kita jelas yaitu keberpihakan terhadap gerakan Islam. Namun sebagai gerakan dakwah tulhabi yang memainkan peran penting dalam proses kaderisasi, KAMMI seharusnya mampu menampilkan diri sebagai gerakan yang bebas dari tekanan politik manapun. Banyak calon kader KAMMI di akar rumput yang membatalkan niatnya untuk bergabung dengan KAMMI karena menganggap KAMMI sebagai gerakan titipan PKS.
Kondisi diperparah dengan semakin vakumnya gerakan KAMMI di tingkat pusat. Ketidak aktifan KAMMI Pusat akan berdampak pada lemahnya motivasi daerah maupun komisariat untuk menjalankan aktifitasnya, akibatnya KAMMI terancam mengalami stagnasi kaderisasi dan bahkan kemunduran. Harus kita akui pula bahwa syi’ar maupun bargaining position KAMMI di dunia gerakan mahasiswa dan media kian melemah. Pelan tapi pasti, KAMMI sedang menuju jurang keruntuhannya jika kondisi ini tidak segera diperbaiki. Pada fase ini, kita dapati peluang untuk menjadikan KAMMI sebagai gerakan berpengaruh terbuka lebar. Semakin massifnya gerakan mahasiswa non KAMMI menunjukkan semakin tingginya kesadaran mahasiswa untuk terlibat dalam upaya perbaikan bangsa. Ini adalah peluang besar untuk memperbanyak kader KAMMI. Kuncinya hanya satu, KAMMI Pusat harus aktif.

Indonesia masa depan yang kita harapkan  adalah Indonesia yang kuat secara politik, ekonomi dan militer yang tegak diatas nilai Islam. Untuk itu, KAMMI kedepan harus memiliki orientasi gerakan yang jelas, apakah akan berfokus pada isu politik, ekonomi atau yang lainnya. Bagi saya, isu ekonomi yang harus menjadi fokus perhatian. Generasi sebelum kita sudah menunaikan tugasnya dengan baik, generasi pertama ikut andil dalam gerakan reformasi 1998 yang kemudian dilanjutkan oleh generasi selanjutnya dengan memastikan bahwa reformasi itu berjalan sebagaimana yang diharapkan. Tapi kita tidak bisa menutup mata bahwa reformasi yang telah kita ciptakan dulu belum cukup mampu mengantarkan bangsa kita keluar dari segenap permasalahan klasik yang menimpanya: kemiskinan dan ketimpangan ekonomi. Maka, sebagai sebuah gerakan kita dituntut untuk ikut ambil bagian dalam menyelesaikan persoalan itu. Tanggungjawab itu terembankan di pundak kita, generasi saat ini. Strategi yang perlu kita kembangkan untuk menjawab tantangan itu adalah mengembangkan koperasi dan jiwa entrepreneur.

Kita harus memiliki road map yang jelas untuk mewujudkan misi ini. Membangun wacana di publik, mengembangkan pilot project, serta menawarkan ide ini kepada pengambil kebijakan. Bahkan kita perlu untuk memastikan bahwa kebijakan ini benar-benar menjadi prioritas pemerintah. Disinilah kemampuan kita dalam menciptakan momentum itu akan diuji. Janganlah kita pahami reformasi sebatas pada “pergantian rezim” saja. Reformasi berarti penataan kembali, mem-formasi kembali kondisi yang kurang baik menjadi lebih baik. Akhirnya, kesepakatan kita bersama lah yang bisa mengantarkan tulisan ini untuk dijadikan sebagai prioritas juang KAMMI di masa depan.

Muhammad Nurjihadi
PD KAMMI Banten

Source
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template