Headlines News :
Home » » Menata laju perjuangan KAMMI melakui gerakan penguatan Intelektual

Menata laju perjuangan KAMMI melakui gerakan penguatan Intelektual

Written By blog contoh saja on Rabu, 15 Agustus 2012 | 21.34


Dengan berprinsip melahirkan kader-kader  pemimpin masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat islami di Indonesia, KAMMI melangkah dengan tegap tanpa ragu tepat 14 tahun sudah membersamai perjalanan Indonesia pasca reformasi. Seiring perjalanannya selama 14 tahun, banyak sekali evaluasi yang harus dilakukan sebagai tahap perubahan yang lebih baik mengenai arah gerakan mahasiswa ini. Untuk saat ini KAMMI hendaknya mampu membangun rencana atau membuat arah gerakan konstruktif  yang berbasis kompetensi dan gerakan politik moral yang berpihak pada kebenaran dan kepentingan rakyat.
Berikut akan penulis utarakan beberapa potensi dan kelemahan gerakan ini. Bermula dari analisa mengenai kekuatan KAMMI, diantaranya adalah :  
\KAMMI hadir dengan keberaniannya menampilkan idiologi Robbani yaitu Islam.Artinya sejak awal KAMMI telah memiliki kunci kemenangan masa depan yaitu kejelasan "Idiologi 
KAMMI secara kuantitas sudah mampu menjadi gerakan yang berbasis pada masa, artinya banyak kader kammi yang tersebar keseluruh wilayah termasuk ke luar negeri.
sumberdaya manusia (pengususng idiologi) yang telah teruji secara pengusaan teori idiologi serta pengalaman dilapangan (amal)
Luasnya jaringan sampai tingkat nasioanal dan international.
KAMMI lahir ditengah-tengah sistem dakwah yang sudah terbentuk sebelumnya yaitu tubuh dakwah. Jadi KAMMI merupakan sayap dalam dakwah secara universaldalam konteks Indonesia.
Selanjutnya kelemahan-kelemahan yang saat ini ada pada gerakan ini diantaranya adalah :
Walaupun jaringannya tersebar luas secara nasional maupun intenational, namun belum tertata dengan rapi dan terkelola dengan efektif (belum ada infrastruktur teknologi yang merapikan jaringan)
Lemahnya pendanaan karena belum ada infrastuktur yang memadai.
Pengangkatan isu secara kolektif yang disepakati bersama, namun continue pelaksanannya tiba-tiba menghilang.
Belum memiliki basis gerakan  social yang kurang permanen.
Belum tercitrakanya tokoh perempuan panutan di KAMMI. Dan masih banyak kader-kader perempuan yang belum terberdayakan di panggung politik.
            Kelemahan dan kekuatan gerakan KAMMI yang telah diutarakan di atas,  harus kita pandang sebagai 2 aspek yang akan saling menguatkan. Dilain sisi kita harus mempertahankan kekuatan namun dilain sisi kita juga tidak diperbolehkan untuk menutup mata akan segala kekurangan-kekurangan kita, harusnya kita segera mencari solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut dan mengarahkannya agar menjadi tambahan komponen dalam melengkapi kekuatan-kekuatan yang ada, sehingga kammi akan mampu konsisten dan eksis dalam menjalankan apa yang menjadi visi dan misi gerakan dakwahnya.
Dengan kekuatan, dan mahaj serta SDM yang mumpuni, KAMMI memiliki bargaining position dan memiliki peluang yang baik dalam mengisi pos-pos yang diperlukan kedepan. Peluang-peluang yang terbuka lebar untuk KAMMI untuk masa depan diantaranya adalah sebagai berikut :
KAMMI memiliki kekuatan besar sebagai pelopor kepemimpinan umat. Dengan kaderisasi dan manhaj geraknya, optimis dari rahim KAMMI akan terlahir  negarawan-negarawan tangguh
KAMMI memiliki kekuatan besar  (dari sisi SDM), sehingga harus tetap dijaga dan diarahkan untuk senantiasa konsisten terhadap idiologi robaniyah yang kemudian kader kammi akan diarahkan menjadi pelaku-pelaku pembangunan atau pemerintahan. Hal ini akan memacu potensi dan kualitaskader KAMMI (pengusaan ilmu).
KAMMI dengan format gerakan intelektual yang berbasis ilmiah, akan mampu memberikan sumbangsih kepada perbaikan bangsa disisi kebijakan, dan disisi cultural akan terbentuk n komunitas-komunitas social berbasis ilmu yang akan mengarahkan pada kesejahteraan social.
KAMMI sebagai gerakan ekstra parlementer akan mampu berperan optimal sebagai controlling social dan  penawar kebijakan politik yang baik.
Menampilkan KAMMI di publik sebagai pergerakan yang independen, tanpa harus melepaskan dari tubuh dakwah. Dengan berprinsip kemandirian secara struktural, koordinasi dalam operasional dengan tubuh dakwah.
Selanjutnya Posisi KAMMI dalam kancah pemerintahan dan format Indonesia baru, lebih tepatnya memposisikan KAMMI sebagai wadah gerakan mahasiswa yang independent yang berperan sebagai control social dan  pengawas kebijakan masyarakat.Dimana peranan yang tepat untuk KAMMI adalah pada posisi posisi tersebut adalah :
Dengan idiologi dan ketajaman Keilmuan kader- kader KAMMI ,  KAMMI Harus mampu berperan sebagai pelaku-pelaku pembangunan disegala apek ilmu dan mampu menjadi contoh kepeloporan umat.
KAMMI sebagai gerakan independen semestinya mampu berperan pada aspek politik dengan pencerdasan politik kepada masyarakat. Serta memberikan pengawasan dan saran untuk sebuah kebijakan politik yang berlaku pada suatu daerah.
 KAMMI sebagai gerakan independen semestinya mampu berperan pada aspek social budaya  dengan berperan sebagai pengotrol budaya dan pelestari budaya. Pencerdas masyarakat dengan membentuk komunitas social yang sifatnya produktif, mengotrol moral masyarakat dan pemerintah dengan selektif dan berupaya merubah dengan cara- cara yang cerdas.
Oleh : Arum Wulandari

sumber : http://kammijateng.org/opini/read/menata-laju-perjuangan-kammi-melakui-gerakan-penguatan-intelektual/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template