Headlines News :
Home » » Menegaskan Visi Kepemimpinan dan Gerakan Politik KAMMI

Menegaskan Visi Kepemimpinan dan Gerakan Politik KAMMI

Written By blog contoh saja on Selasa, 03 Juli 2012 | 16.52

Visi Kepemimpinan KAMMI
Sejak dilahirkan KAMMI memiliki cita-cita besar, yaitu ingin mewujudkan dirinya sebagai wadah pencetak pemimpin bangsa  masa depan  dalam upaya mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang Islami. Visi kepemimpinan merupakan satu hal yang strategis, karena  perjalanan bangsa ini akan sangat dipengruhi oleh kualitas pemimpinnya. KAMMI sudah mengambil posisi dan peran tersebut, yaitu sebgai iron stock kepemimpinan bangsa masa depan. Harapannya dari rahim KAMMI inilah, mampu melahirkan pemimpin masa depan yang tangguh yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat.
            Visi besar yang sudah ditetapkan KAMMI bisa direalisasikan jika dihusung oleh semua kader. Selanjutnya KAMMI harus mampu menderivasikan visi besar tersebut menjadi agenda-agenda strategis dan langkah operasional untuk mewujudkankannya.

Muslim Negarawan Model Kepemimpinan KAMMI
            Salah satu langkah operasional untuk mewujudkan visi kepemimpinan KAMMI adalah dengan membuat model kepemimpinan ideal yang diinginkan. Sehingga seluruh aktivisme dan proses pengkaderan di KAMMI bisa diorientasikan pada model tersebut. Saat ini KAMMI telah menetapkan satu tawaran model kepemimpinan bangsa masa depan. Dalam pandangan KAMMI, model kepemimpinan yang mampu memimpin negeri ini adalah sosok yang kita sebut sebagai ‘Muslim Negarawan’.
            Dalam devinisi kami, Muslim Negarawan adalah sosok yang memiliki basis ideologi Islam yang mengakar, basis pengetahuan dan pemikiran yang mapan, idealis dan konsisten, berkontribusi pada pemecahan problematika umat dan bangsa, serta mampu menjadi perekat komponen bangsa pada upaya perbaikan. Sehingga seorang Muslim Negarawan adalah sosok yang mampu memegang teguh prinsip idealismenya, namun mampu memberikan solusi atas berbagai permasalahan bangsa dan mampu bersikap arif dalam keragaman yang ada dalam masyarakat.
            Menciptakan sosok seorang pemimpin, tentunya tidak cukup hanya dengan diskusi, ceramah, dan seminar saja. Namun untuk membentuk sosok pemimpin yang tangguh, seseorang harus dihadapkan langsung dengan realitas. Seorang pemimpin harus mampu membaca dan menganalisis permasalahan riil yang ada dalam masyarakat dalam berbagai bidang, sekaligus mampu memberikan solusi atas berbagai persoalan bangsa yang ada.

Gerakan Politik
            Sebagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang berbasiskan mahasiswa, aktivisme KAMMI tidak bisa dilepaskan dari ranah politik. Mengingat dalam ranah politik inilah, kebijakan-kebijkan strategis yang menyangkut persoalan masyarakat luas dibuat.
            Politik dalam pengertian KAMMI tidak hanya sebagai sebuah aktivitas perebutan kekuasaan, tetapi politik dalam pandangan KAMMI adalah seluruh aktivitas yang berujung pada kemaslahatan ummat, atau segala aktivitas yang mengarah pada perbaikan masyarakat di berbagai bidang. Dengan demikian aktivisme KAMMI di ranah politik adalah bagian dari kontribusi KAMMI dalam upaya perbaikan bangsa. Meskipun demikian, KAMMI tidak hanya mengkhususkan gerakannya pada aspek politik, namun KAMMI juga merupakan gerakan dakwah, gerakan sosial, dan gerakan intelektual.

Kritis Konstruktif Sebagai Posisi Gerakan KAMMI
            Sejak di deklarasikan, KAMMI memposisikan dirinya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Dalam pengertian ini, KAMMI ingin menjadikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat, dan bersama-sama masyarakat berkontribusi untuk perbaikan masyarakat  di berbagai bidang.
            Sejalan dengan kebijakan otonomi darah yang ditetapkan pemerintah, dimana Pemerintah Daerah mampu mengambil kebijakan secara otonom dalam konteks kedaerahan. Pengawalan terhadap penyelenggaraan pemerintah di tingkat daerah menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh KAMMI sebagai gerakan mahasiswa.
            Menjadi penting bagi KAMMI untuk menjelaskan posisi gerakannya dalam dinamika politik lokal. Posisi gerakan yang jelas akan menjadi  landasan bagi KAMMI untuk mengambil sikap politik dari dinamika yang berkembang, sekaligus akan mempengaruhi cara pandang seluruh stakeholder yang berhubungan dengan KAMMI dalam memandang gerakan KAMMI.
            KAMMI memposisikan diri menjadi gerakan politik yang kita sebut dengan gerakan kritis konstruktif. Kritis kontruktif berarti KAMMI menjadi kelompok kritis yang akan  mengawal, mengevaluasi, dan memonitoring setiap kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat luas. Namun tidak hanya berhenti pada pengkritisan, harapannya KAMMI mampu memberikan solusi kontruktif dari setiap permasalahan yang ada.
Posisi ini memungkinkan bagi KAMMI untuk tidak senantiasa mengambil sikap yang bersebrangan dengan kebijakan pemerintah. Bahkan KAMMI akan mendorong kebijakan pemerintah yang memiliki implikasi positif terhadap kepentingan masyarakt luas.
Kritis berbeda dengan oposan. Oposan akan  selalu mencari alternatif sikap yang bersebrangan dan mengambil posisi vise a vise dari setiap kebijakan pemerintah. Tetapi, Kritis adalah sikap tanggap atau responsif dari setiap kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan memastikan kebijakan tersebut sejalan dengan semangat perbaikan dan memiliki implikasi positif terhadap pembangunan masyarakat.
Hal ini merupakan representasi dari kedewasaan politik yang harus dibangun KAMMI sebagai ormas. Sudah saatnya KAMMI melepas eklusivitas gerakannya dan bersikap inklusif dengan semua elemen masyarakat dengan keragaman yang ada. Sehingga KAMMI harus mampu melakukan komunikasi dan bekerjasama dengan semua stakeholder masyarakat dalam koridor perbaikan dan pembagunan masyarakat.

Samsul Bahri / Sekjend KAMMI WILAYAH JAWA TENGAH
Sumber :  http://kammijateng.org/opini/read/menegaskan-visi-kepemimpinan--dan-gerakan-politik-kammi-/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template