Headlines News :
Home » » KAMMI: Dengan Media Alternatif, Kita Bisa Melawan

KAMMI: Dengan Media Alternatif, Kita Bisa Melawan

Written By blog contoh saja on Selasa, 18 September 2012 | 17.03

Perkembangan industri media massa tanah air sekarang dilanda dua arus besar. Pertama, media mainstream yaitu media yang sudah eksis dan mendarah daging di masyarakat luas. Kedua, media alternatif yaitu jaringan media sosial dan media yang melibatkan dibentuk masyarakat sebagai penyeimbang opini media massa secara umum.

“Dalam praktek lapangan, media mainstream belakangan sangat berbahaya sebab banyak membentuk opini masyarakat. Opini yang terbentuk belum tentu benar karena banyak media mainstream membawa kepentingan baik politik maupun industri pemiliknya, ” ujar eks jurnalis faktapos Ismawan dalam diskusi ” Media Alternatif: Solusi Mencerdaskan Masyarakat” di  Sekretariat PP KAMMI, Matraman, Jakarta Timur, Senin (3/9)

Dirinya menilai, media mainstream cenderung mengabaikan pemberitaan yang berimbang dan menguntungkan kepentingan kelompok tertentu. Akibatnya masyarakat “dibutakan” arus informasi sepihak yang merugikan mereka.

“Setiap hari ada ribuan informasi masuk ke kantor media massa mainstream yang umumnya di Jakarta. Dari sekian banyak, hanya sedikit yang diberitakan dan itu sudah melalui seleksi ketat berbentuk potongan berita, ” tambahnya.

Untuk itu, dirinya mendesak KAMMI dan gerakan mahasiswa lainnya untuk menciptakan media alternatif seperti memanfaatkan rekayasa twitter, facebook dan blog sebagai ajang perlawanan dan perimbangan informasi.

“Jika kita ingin mencerdaskan masyarakat dengan informasi yang benar, bisa dipercaya, dan tidak membodohi masyarakat, maka kita bisa mulai bergerak melalui media alternatif baik secara individu maupun kelompok, ” pungkasnya.

Jika itu gagal dilakukan, maka bahaya “tsunami informasi” akan mengalir deras dan sulit dibendung. Ketika itu terjadi, masyarakat akan mengalami kebekuan pola pikir kritis dan cenderung pasif. (is)

http://kammi.or.id/kammi-dengan-media-alternatif-kita-bisa-melawan/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template